Beranda » Menko Resmikan Grand Launching and Ground Breaking Ceremony 8 perusahaan di Wiraraja Industrial Park I

Menko Resmikan Grand Launching and Ground Breaking Ceremony 8 perusahaan di Wiraraja Industrial Park I

by tonni simamora
0 comment

Metrobarelangbatam.com, Batam — Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menghadiri Grand Launching and Ground Breaking Ceremony 8 perusahaan di Wiraraja Industrial Park I, Jalan Wiraraja Industrial Estate Blok A. Nomor 2-3A Kabil, Nongsa, Kota Batam, Senin (26/8/2024).

Usai kegiatan, Airlangga berharap untuk jumlah investasi lima tahun ke depan bisa menarik Rp. 17,6 Milyar dengan tenaga kerjanya 36.150 orang.

“Dan ini penting, karena membuktikan, bahwa Indonesia bisa menarik investigasi di bidang semi konductor dan green energy dan juga jenis baterai yang berbeda yaitu sodium ion baterai dan ini salah satu dari pengembangan teknologi baterai ke depan,” ungkap Airlangga.

“Ini juga menunjukkan bahwa pada saat tim OCD datang melakukan evaluasi terhadap semikonductor, ini membuat negara-negara lain yakin bahwa semiconductor juga bisa dikembangkan di Indonesia,” tambah Airlangga.

Airlangga juga berharap, bahwa pengembangan industri di kawasan Batam, Bintan dan Karimun bisa terus meningkat dengan KEK galang Batam.

“Saya berharap dengan keberadaan KEK ini, investasi akan meningkatkan, apalagi Kepri berada dalam lokasi yang baik untuk pengembangan welicin ekosistem rantai pasok ekonomi global. Baik itu di sektor digital, sektor data center dan Sektor MRO ditambah untuk pengembangan sektor-sektor yang menunjang energi renujer energi yang sekarang mempercayakan kepada Batam selaku pemasok,” tegasnya.

Kata dia, dengan adanya industri (PT. Wiraraja tangguh) ini, jumlah tenaga kerja yang terserap akan semakin besar dan ke depan ekonomi Batam, Bintan dan Karimun bisa lebih tinggi dari rata-rata nasional.

Sementara itu, Dalam sambutannya, Presiden Direktur PT. Wiraraja Tangguh, Akhmad Ma’ruf Maulana menyampaikan, Wiraraja Indonesia pada tahun 2024 telah berhasil menarik 8 Perusahaan Penanam Modal Asing (PMA) dan Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) yang berinvestasi di Wiraraja Industrial Park dan di Proyek Strategis Nasional (PSN) Wiraraja Green Renewable Energy and Smart Eco Industrial Park yang berlokasi di Pulau Galang, Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Lanjutnya, berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian nomor 06 tahun 2024 tentang Perubahan kelima atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang no.7 tahun 2023 tentang Daftar PSN, dimana dalam daftar lampiran bagian E. Sektor Kawasan Industri nomor 113 telah mencantumkan Wiraraja Green Renewable Energy & Smart Eco Industrial Park yang dikelola oleh PT. Galang Bumi Industri sebagai Proyek Strategis Nasional.

“Dalam pengembangan Wiraraja Green Renewable Energy & Smart Eco Industrial Park seluas 982,22ha, berfokus pada rantai pasok nilai energi baru & terbarukan dari proses upstream sampai downstream meliputi Industri dari proses pemurnian pasir silika menjadi polysilicon, industri semikonduktor (ingot/wafer), Solar Cell dan Battery Cell, Solar Module + Inverter dan Battery Pack & Module + inverter, Baterry Energy Storage System beserta industri-industri turunannya, Industri Alat-alat kesehatan dan Electronic & Electric. Selain dari Industri-industri tersebut diatas, akan mengembangankan Industri berbasis Data-Centre & Creative Industry yang mana fasilitas fibre-optic dari Telkom telah tersedia pada titik nol Pulau Galang Baru dan disamping itu juga akan mengembangkan Green Renewal Energy berbasis Panel Surya berskala besar di Provinsi Kepulauan Riau yang sebelumnya telah berstatus PSN,” ungkap Ma’ruf.

Ke 8 Perusahaan yang diresmikan tersebut, lanjut kata Ma’ruf, dengan total nilai investasi adalah sebesar USD.17.636.000.660 atau setara Rp.290.994.010.890.000,- dengan serapan 36.150 tenaga kerja akan menjadi sebuah momentum kebangkitan perekonomian di Provinsi Kepulauan Riau secara umumnya dan di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam pada khususnya.

Lebih lanjut Ma’ruf menjelaskan, tiga perusahaan yang berinvestasi di Kawasan Industri Wiraraja, Kabil pertama, PT Atelier Solar Indonesia, PMA asal dari Singapore dan Amerika Serikat yang bergerak dalam bidang usaha Manufaktur Solar Modul (Solar Panel) dengan nilai investasi sebesar USD 30.000.000 dan mempekerjakan 150 tenaga kerja. Kedua, PT Uwin Resources Regeneration, PMA asal Taiwan yang bergerak dalam bidang usaha Manufaktur Electronic Grade Lithium Carbonate Manufacturer dengan nilai investasi USD 60.000.000 dan mempekerjakan 300 tenaga kerja dan TUL Taiwan Corp, PMA asal Taiwan yang bergerak dalam bidang usaha Manufaktur Electronic Grade Lithium Carbonate Manufacturer dengan nilai investasi USD 60.000.000 dan mempekerjakan 300 tenaga kerja.

“Sedangkan 5 Perusahaan lainnya berinvestasi di PSN Wiraraja Green Renewable Energy & Smart-Eco Industrial Park yang berlokasi di Galang, pertama PT Energy Tech Indonesia, PMA asal dari Amerika Serikat yang bergerak dalam bidang usaha Manufaktur Sodium-ion Battery dengan nilai investasi sebesar USD 250.000.000 dan mempekerjakan 350 tenaga kerja. Kedua, PT Quantum Luminous Indonesia, PMA asal Amerika Serikat dan Jerman dengan bidang usaha Manufaktur Pasir Silika dan turunannya dengan nilai investasi USD 300.000.000 dan mempekerjakan 5.000 tenaga kerja. Ketiga, PT Essence Global Indonesia, PMA asal Amerika Serikat yang bergerak dalam bidang usaha Manufaktur Solar Cell dan Semikonduktor dengan potensi manufaktur mobil listrik dengan nilai investasi USD 2.500.000.000 dan mempekerjakan 20.000 tenaga kerja,” jelas Ma’ruf.

“Keempat, PT Galang Bumi Industri, PMDN yang bergerak dalam bidang usaha Kawasan Industri dengan nilai investasi USD 14.430.000.660 dan mempekerjakan 10.000 tenaga kerja dan terakhir, PT Wiraraja Strategix (Wiraraja Power), PMDN yang bergerak dalam bidang usaha EPC & IPP dengan nilai investasi USD 6.000.000 dan mempekerjakan 50 tenaga kerja,” tutup Ma’ruf.

 

(Red)

 

You may also like

Leave a Comment

metrobarelangbatam.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy